Selamat Datang!

Gerakan Kreatif Nasional (GeKrafs) didirikan sebagai wadah inisiatif publik dalam pengembangan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia.

01
Belajar
Jelajahi indahnya dunia industri kreatif dan pelajari bagaimana gerakan kami dapat memperbaiki ekosistem ekonomi kreatif nasional di Indonesia.
02
Bersinergi
Mari bergabung bersama kami di GeKrafs dan ayo berpartisipasi menggagas pengembangan ekosistem ekonomi kreatif di berbagai daerah. Ciptakan peluang lapangan kerja baru demi kesejahteraan masyarakat di seluruh penjuru Nusantara.
03
Berdaya
Seiring memasyarakatnya sektor ekonomi kreatif di seluruh Indonesia, kita berharap kesejahteraan masyarakat akan semakin membaik dan negara ini akan semakin maju di tengah persaingan global.

Selayang Pandang GeKrafs

Dalam beberapa tahun belakangan ini, berturut-turut ekonomi kreatif Indonesia berhasil meningkatkan sumbangannya bagi PDB secara signifikan, Pada tahun 2015 sektor ini menyumbang Rp 852 triliun atau 7,38 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Kemudian pada tahun 2016 menyumbang PDB sebesar Rp 922,58 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 13,47 persen. Dan, tahun 2017 menyumbang Rp 990 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 17,4 persen dan bahkan tahun ini diproyeksikan menyumbang PDB sebesar Rp 1.041 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 18,2 persen.

Dengan perkembangan yang begitu signifikan, artinya tidak bisa dipungkiri sektor kreatif di Indonesia ini semakin hari semakin berkembang pesat, terlebih di era yang serba digital seperti sekarang ini, Industri kreatif seperti mendapatkan stimulan yang optimal dalam membantu perekonomian bangsa.

Bila mengutip perkataan dari seorang profesor di Amerika, Florida Richard, bahwa Kreatifitas adalah sumber daya ekonomi yang utama. Tentu semakin menyadarkan kita akan dahsyatnya potensi Industri kreatif di Indonesia.

Melihat potensi Industri kreatif yang begitu dahsyat, rasanya perlu ada wadah yang membantu pemerintah dalam mengoptimalkan semua potensi itu, Gerakan Kreatif Nasional (GeKrafs) akan menjadi sebuah bendungan besar yang menampung debit kreatif di Indonesia. Terlebih dengan mengadopsi diksi ‘gerakan’ yang notabene bisa dimaknai sebagai aktifitas yang tak akan pernah berhenti. Tentu ini akan menjadi stimulan hebat bagi para pelaku Industri kreatif Indonesia diberbagai daerah. Faktanya masih banyak para pelaku Industri kreatif Indonesia di berbagai daerah yang belum dioptimalkan. Dengan GeKrafs tentu ikhtiar-ikhtiar pemerintah dalam mendorong industri kreatif Indonesia akan terbantu maksimal.

Rasanya tidak berlebihan bila bangsa ini perlu pusat-pusat pengembangan Industri kreatif hingga lingkup kecamatan, bayangkan bangsa ini memiliki 17.000 lebih pulau, 1000 lebih etnis budaya bahkan kita memiliki 700 lebih bahasa daerah. Tentu ini kedepannya bisa menjadi sumber konten-konten kreatif yang tak ada habisnya.

Mari bergabung bersama Gerakan Kreatif Nasional (GeKrafs) , kita ikhtiarkan bersama agar Indonesia bisa menjadi pusat peradaban kreatif dunia.

Salam Kreatif Bersama!

Kawendra Lukistian, SE, M.Sn

(Koordinator Nasional GeKrafs)

Struktur Organisasi GeKrafs

Berikut adalah struktur organisasi GeKrafs saat ini.

Dewan Pembina

Sandiaga Salahuddin Uno
Ketua Dewan Pembina
Figur entrepreneur dengan pengalaman panjang di bidang pemberdayaan UMKM dan Ekonomi Kreatif.
Laja Lapian
Anggota Dewan Pembina
Telah malang melintang di berbagai organisasi kewirausahaan, kini menjadi salah satu tim inti gerakan kewirausahaan OK OCE.
Dony Oskaria
Anggota Dewan Pembina
Seorang profesional sebagai CEO di berbagai anak perusahaan CT Corp. Dipercaya sebagai Komisaris Garuda Indonesia sejak akhir 2014.

Dewan PAKAR

Rayes Anom
Anggota Dewan Pakar
Pengusaha Muda di bidang promosi dan periklanan, pendiri dari Brand Activation Agency bernama Indonesia 5 Communications.
Agus Pramono
Anggota Dewan Pakar
Merintis usaha dari nol, dengan kegigihannya Ia berhasil menjadi salah satu pengusaha kuliner sukses dengan brand Ayam Bakar Mas Mono.
Donna Latief
Anggota Dewan Pakar
Mantan model dan news presenter yang sukses bertransformasi menjadi perempuan entrepreneur dan pemerhati pemberdayaan UMKM.
Vasco Ruseimy
Anggota Dewan Pakar
Mantan caleg termuda di Pemilu 2009.
Untung Pranoto
Anggota Dewan Pakar
Produser televisi berpengalaman dengan sejumlah track record acara TV populer. Saat ini menjabat sebagai Direktur Konten di Net TV.
Ikhsan Tualeka
Anggota Dewan Pakar
Aktivis, Penulis dan Produser Film Dokumenter dengan tema Indonesia Timur. Diantara karya filmnya adalah 'Cahaya Dari Timur' dan 'Salawaku'.

Dewan Pengurus

Kawendra Lukistian
Ketua Umum
Pengusaha, komposer, penulis lagu dan aktivis pemberdayaan pelaku Ekonomi Kreatif. Menjadi pendiri dan CEO dari Parakawe Industries.
Prilly Latuconsina
Wakil Ketua Umum I
Aktris dan pengusaha muda di bidang kuliner serta produk kecantikan dengan brand antara lain Rebel Princess, Nona Judesss, Bumbu Nona, dan Slimilly.
Tika Ramlan
Wakil Ketua Umum II
Mantan vokalis dari grup duo T2 yang kini menjadi pengusaha fashion busana muslim dengan brand Chayra Syar'i dan Eshal Bytika.
Hikmal Abrar Nasution
Wakil Ketua Umum III
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum ornare est felis, et sodales metus rutrum in. Morbi ex justo, volutpat eu tristique nec, varius vel nisi.
Yanti Adeni
Sekretaris Jenderal
Desainer dan pengusaha fashion yang karyanya menjadi pilihan para talent di berbagai acara live show di layar kaca.
Erwin Soerjadi
Bendahara Umum
Salah satu sosok pengusaha coworking space dan virtual office yang aktif di ekosistem startup teknologi.
Ardian Perdana Putra
Ketua Bidang Program dan Strategi
Berpengalaman di desain komunikasi visual dan media digital selama belasan tahun. pendiri Arashi Digital Creative.
Khalid Bahaweres
Ketua Bidang Pengembangan Talenta
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum ornare est felis, et sodales metus rutrum in. Morbi ex justo, volutpat eu tristique nec, varius vel nisi.

Agenda Kegiatan

Berikut adalah berbagai aktivitas yang telah diselenggarakan oleh GeKrafs hingga saat ini.

Tanpa Batas
Industri Kreatif membuka peluang ekonomi yang tak terbatas untuk digali oleh seluruh masyarakat. 'Tambang' kreatifitas tidak mengenal kata habis dan punah, sehingga dapat terus berkembang melintas batas ruang dan waktu.
16 Subsektor
Terdapat 16 cabang/subsektor yang terdefinisi secara resmi dalam ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia, mulai dari kuliner hingga fashion, dari penerbitan cetak hingga pengembangan aplikasi digital dan game.
9+ Kepengurusan Daerah
Dalam setahun kepengurusan GeKrafs telah tersebar di lebih dari 9 Provinsi, antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Kalimantan Timur.
3550+ Anggota
Dalam waktu kurang dari satu tahun, telah ada lebih dari 3500 orang yang mendaftarkan diri sebagai anggota GeKrafs, dimana 40% diantaranya berasal dari subsektor kuliner dan sisanya tersebar di 15 subsektor lainnya.

Contact Us

GeKrafs Center
vOffice, Centennial Tower lv. 29, Jl. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta Pusat 12950
@gekrafs
GeKrafs
gekrafs@gmail.com

Tentang GEKRAFs

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque porta. Integer tempor. Proin mattis lacinia justo. Maecenas ipsum velit, consectetuer eu lobortis ut, dictum at dui. Curabitur vitae diam non enim vestibulum interdum. Aenean fermentum risus id tortor. Aliquam in lorem sit amet leo accumsan lacinia. Etiam ligula pede, sagittis quis, interdum ultricies, scelerisque eu. Sed ac dolor sit amet purus malesuada congue.